Senin, 13 September 2010

Vegetarian, pilihan gaya hidup


Pada zaman modern sekarang ini, segala macam makanan tersedia. Ada yang berupa daging segar, seafood, daging dan seafood olahan, daging berbagai macam unggas, sayuran atau tumbuhan dengan berbagai macam budidaya, dll. Pendeknya, mau apa saja ada, asal bisa membayar....
Tetapi seringkali banyak juga kita mendengar bahwa beberapa dari kita memilih untuk menjadi vegetarian. Mereka tidak mengkonsumsi daging, telur dan semacamnya. Umumnya mereka mempunyai alasan kesehatan.

Dari suatu sumber, dapat diperoleh beberapa alasan mengapa seseorang perlu menjadi vegetarian, yaitu :

1. Makanan vegetarian dapat mencegah 97% masalah koroner.
2. Diabetes lebih sering terjadi pada pemakan daging ketimbang yang vegetarian.
3. Orang yang makan daging lebih mudah terkena resiko kanker.
4. Osteoporosis atau kehilangan massa tulang adalah akibat dari terlalu banyak makan protein. Pemakan daging lima kali lebih besar kemungkinannya terkena osteoporosis.
5. Peluang seseorang terkena artritis rematoid lebih kecil jika menghindari daging atau produk susu.
6. Daging mengandung residu pestisida 11 kali lebih banyak ketimbang makanan dari tumbuhan.

Mungkin beberapa alasan diatas, menyebabkan orang-orang dari berbagai negara maju seperti Amerika, Inggris dan Jepang banyak yang beralih menjadi vegetarian secara sukarela. Manfaat diet vegetarian selain pertimbangan kesehatan, ada juga karena alasan nutrisi, ekonomi, lingkungan, dan potensi untuk mengurangi resiko terjadinya kanker, serangan jantung serta penyakit-penyakit lain dalam tubuh.
Bagaimana dengan anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar