Kamis, 02 September 2010

Kimpul, Makanan Diet Pengidap Diabetes


Bagi kita orang Indonesia, tentu tidak asing dengan kimpul, yang termasuk tanaman talas-talasan.
Kita mengenal bermacam-macam kimpul yaitu kimpul gendruk, kimpul manol,kimpul wulung dan kimpul pari. Disini kita hanya akan membahas tentang kimpul gendruk.

Umbi kimpul gendruk terdiri dari dua ukuran yang berbeda. Yang besar berjumlah satu biasanya disebut umbi induk, sedangkan yang lebih kecil ada beberapa umbi yang lebih kecil,dalam bahasa jawa disebut enthik.
Oleh masyarakat biasanya enthiklah yang dipanen, sedangkan induknya untuk dijadikan bibit.

Tanaman kimpul jarang dibudidayakan dengan monokultur. Tanaman ini biasanya ditanam secara tumpangsari dengan tanaman lain. Penanaman kimpul ada 3 cara, yaitu dengan berbaris berselang seling, secara tak beraturan atau ditanam dengan jarak tertentu diantara tanaman yg lain.

Semua bagian tanaman kimpul dapat dimanfaatkan. Umbinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, batang dan daunnya dapat dibuat sayur, sedangkan akarnya dapat digunakan sebagai obat desentri.
Di Jogjakarta, berbagai macam makanan terbuat dari umbi kimpul, antara lain bergedel, kroket, gethuk, kripik, dan masih banyak lagi.
Sebagai pengganti nasi, kimpul biasa dibuat sawut ( diparut kasar ).

Dari berbagai percobaan, kimpul dapat dibuat menjadi tepung dan selanjutnya dapat menjadi bahan pembuat roti atau kue. Salah satu sifat yang disukai adalah sifatnya yang dapat mengembang, meskipun tidak sebesar tepung terigu.
Umbi kimpul dapat dikonsumsi sebagai makanan kesehatan. Dari berbagai pengalaman, kimpul dijadikan sebagai makanan diet bagi penderita diabetes.

Dipasar Jogjakarta, umbi kimpul dijual dalam bentuk umbi segar. Umbi kimpul rebus telah sering kita jumpai di pasar tradisional, maupun dijajakan berkeliling kampung. Dalam industri besar, keripik kimpul dijual dan populer dengan nama taro chips.

Kandungan gizinya dalam 100 gram kimpul terdapat : kalori 140 kal, protein 2,5 gram, lemak 1,0 gram, karbohidrat 5,0 gram, kalsium 95 mg, vit C 37 mg.

Gambar atas : Kimpul

3 komentar: