Jumat, 17 September 2010

Asam Urat


Asam urat biasanya menyerang manusia berumur lebih dari 40 tahun. Umumnya asam urat ditandai dengan rasa nyeri pada ibu jari kaki, tumit, lutut, siku dan sendi lain pada malam hari atau menjelang pagi. Penyebab asam urat antara lain gaya hidup yang terlalu sibuk, menyebabkan ketegangan pikiran yang berlebihan, sehingga timbul stress. Jika hal ini berlangsung terus menerus, akan berakibat menurunnya daya tahan tubuh dan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Ketidak lancaran ini bisa memicu terjadinya asam urat tinggi.

Asam urat merupakan hasil metabolisme protein didalam tubuh yang mengalir di peredaran darah. Meningkatnya kadar asam urat didalam darah akan menyebabkan pengendapan di persendian dan membentul kristal kecil ( endapan yang mengeras ), sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat.
Contoh makanan yang tinggi zat purinnya antara lain jeroan ( ginjal, hati, paru, usus, otak, kikil, dll ). Juga makanan laut seperti udang, kerang, kepiting, cumi, dll. Sedangkan pada sayuran terdapat pada kangkung, bayam, bunga kol, buah dan daun mlinjo.

Ada ramuan untuk mengatasi asam urat yaitu :

- 20 gram jahe merah
- 20 gram daun sendok
- 15 gram cabe jawa
- 30 gram temulawak
- 20 gram mahkota dewa
- 800 ml ( 4 gelas ) air

Cara pembuatan :
Bahan dicuci bersih, diiris, lalu semuanya direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian disaring.

Aturan pemakaian : diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas.

Apabila anda suka jus buah dan sayuran, bisa dicoba resep berikut :
Apel hijau 1 buah, sari jahe 2 sendok makan, sari temulawak 3 sendok makan, perasan jeruk nipis 2 sendok makan dan air 1/2 gelas atau 100ml.
Diminum pada pagi hari sebelum makan. Jika perlu 2 kali sehari, pagi dan sore.

Gambar atas : Daun Sendok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar