Kamis, 23 September 2010

Rematik


Rematik atau gout adalah peradangan sendi, yang disebabkan penumpukan asam urat didalam darah, yang lama kelamaan mengkristal berbentuk jarum-jarum halus di persendian. Bagian tubuh yang biasanya terkena rematik adalah adalah jari-jari kaki, pergelangan kaki, tumit atau bahkan pada lutut, siku, pergelangan dan jari-jari tangan.
Persendian akan terasa nyeri di dalam, terutama saat digerakkan. Kondisi ini cenderung lebih parah pada saat udara dingin.
Rematik ini biasanya merupakan penyakit turunan.

Pada pria lebih dari 45 tahun, kadang penyakit ini timbul tanpa gejala-gejala awal, dan bisa disebabkan hal kecil misalnya sepatu yang dipakai kekecilan. Juga karena terlalu banyak makan daging kambing, jeroan, minuman beralkohol, kopi, infeksi, stress, dll. Cara meredakan penyakit ini dapat dengan meminum air putih yang banyak, agar banyak asam urat yang dikeluarkan lewat urine.

Meskipun penyakit ini jarang atau tidak menimbulkan kematian, tetapi penyakit ini bisa mengganggu aktivitas kita. Akibat yang paling parah apabila rematik mengenai organ lain, misalnya ginjal dan peradangan pada sendi lutut. Sehingga penderita tidak bisa berjalan sendiri dan harus dipapah...
Dalam anatomi tubuh manusia, persendian mempunyai fungsi yang sangat penting. Segala aspek gerak seperti jongkok, duduk, berjalan, semua menjadi tugas si sendi. Kerusakan pada sendi yang disertai peradangan akan menimbulkan nyeri hebat yang tak tertahankan. Namun sebelum penyakit ini menjadi kronis, serta tidak terjadi komplikasi dengan kolesterol dan asam urat tinggi, kita dapat memanfaatkan tanaman obat disekitar kita.

Bahan :
- 20 gr mahkota dewa
- 30 gr daun meniran
- 30 gr daun sendok
- 30 gr daun dewa
- 20 gr jahe merah
- 4 gelas air

Cara pembuatan :
Semua bahan dicuci bersih, diiris kecil-kecil, direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian disaring.

Aturan pemakaian :
Diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Sekali minum 1 gelas.

Gambar atas : Daun Meniran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar