Sabtu, 18 September 2010

Karbohidrat dan Vitamin



Bahan makanan mengandung berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas. Zat-zat gizi tersebut adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Kandungan gizi utama dalam buah dan sayuran adalah vitamin dan mineral. Kandungannya yaitu provitamin A, vitamin C, K. E dan berbagai kelompok B kompleks. Untuk mineralnya antara lain Kalium ( K ), Kalsium ( Ca ), natrium ( Na ), zat besi ( Fe ), magnesium ( Mg ), mangan ( Mn ), seng ( Zn 0, selenium ( Se ) dan boron ( Bo ).

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita. Karbohidrat dibedakan menjadi 2 :

- Karbohidrak kompleks terdiri dari polisakarida ( pati, destrin dan glikogen )
- Karbohidrat sederhana terdiri dari monosakarida ( glukosa, fruktosa ), disakarida ( sukrosa, maltosa, laktosa ), gula alkohol ( surbitol, manitol ), serta oligosakarida ( rafinosa, stakiosa ).

Karbohidrat yang terdapat pada buah dan sayuran umumnya berupa pati dan selulosa. Antara lain pisang, mangga, labu kuning dan kentang.

Vitamin adalah zat-zat organik kompleks dalam jumlah sangat kecil. Didalam tubuh, vitamin berperan sebagai zat pengatur. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

- vitamin yang larut dalam lemak, yaitu vitamin A, D, E dan K
- vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B1, B2, b3, B5, B6, B12, asam folat, biotin dan vitamin C.

Kebiasaan minum jus buah dan sayur sangat baik bagi kita, karena kandungan gizi yang ada padanya sangatlah membantu kelancaran metabolisme dalam tubuh. Berikut kami ambil contoh yang sangat populer.

APUKAT
Mengandung : asam lemak oleat dan linoleat. Provitamin A, vitamin C, E dan B. Mineral besi, magnesium dan kalium.
Manfaat : menurunkan kadar kolesterol darah, membantu regenerasi darah, melembabkan kulit.

APEL
Mengandung : Provitamin A, vitamin B dan C. Mineral besi, kalsium, fosfor dan kalium. Antikanker, caffeic acid. Pektin, Serat.
Manfaat : menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan tekanan darah, menstabilkan gula darah, mengurangi napsu makan, meningkatkan kolesterol baik, memperlancar sistem pencernaan, sebagai antikanker. sebagai obat jantung.

TOMAT
Mengandung :Provitamin A, vitamin B1, C dan asam folat. Mineral kalsium, besi, belerang dan kalium.Saponin, Asam sitrat dan Serat.
Manfaat : Membersihkan darah dan hati, mencegah usus buntu, antikanker, mencegah terjadinya penggumpalan darah.

WORTEL
Mengandung : Provitamin A, Mineral kalsium, fosfor dan kalium. Caumarin, Lutein, Serat.
Manfaat : untuk kesehatan mata, menurunkan kolesterol darah, meningkatkan ketahanan tubuh, sebagai antikanker, menjaga kesehatan hati, menurunkan tekanan darah.

Apabila kita mengkonsumsi jus buah atau sayut untuk menjaga kesehatan, lebih baik jangan memakai gula pasir seperti pada umumnya. Pakailah madu asli apabila ingin menambah rasa manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar