Jumat, 08 Oktober 2010

Menjaga Kesehatan Mata


Mata adalah salah satu organ tubuh yang vital. Bayangkan, mata dapat membuat segala sesuatunya menjadi lancar dan baik. Untuk bekerja, kita menggunakan mata, karena sekarang hampir semua orang menggunakan komputer sebagai alat bekerja. Bahkan, saat tidak bekerjapun misalnya mengisi waktu luang dengan ber face book ria. Mata seakan tak boleh bosan menatap setiap pesan yang masuk... Belum lagi apabila kita harus melakukan hal lain dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menjaga kesehatan mata, diperlukan konsumsi makanan sumber vitamin A yang memadai. Sumber vitamin A dalam pangan hewani terdapat pada hati, kuning telur dan mentega. Sedangkan vitamin A pada pangan nabati berbentuk karoten ( provitamin A ) terdapat pada sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan yang berwarna kuning jingga.
Buah dan sayuran sebagai bahan jus untuk menjaga kesehatan mata antara lain buah buni, buah naga, delima, jeruk bali, markisa, terong blanda, jagung, wortel dan labu kuning.

Tips menjaga kesehatan mata :

1. Apabila kita selalu harus didepan komputer, usahakan rumus 20 : 20, artinya kalau kita menatap layar monitor 20 detik, selanjutnya 20 detik kemudian usahakan untuk melihat yang lain.

2. Usahakan jarak pandang kita dengan layar menitor sekitar 50 cm.

3. Seringlah berkedip agar bola mata tetap dalam kondisi basah.

4. Gunakan alat penempel data disebelah layar monitor sehingga memudahkan mata untuk melihatnya.

5. Apabila ada kesempatan, lihatlah pemandangan yang berwarna hijau, seperti pohon-pohonan atau sawah hijau yang menghampar luas.

6. Gunakan obat tetes mata apabila mata terasa gatal atau tidak nyaman, jangan sekali-kali mengucek mata karena hanya akan melukainya.

7. Tidurlah cukup agar mata dapat beristirahat dengan baik.

1 komentar: