Senin, 04 Oktober 2010

GiNjaL


Ginjal adalah organ penting yang berfungsi menyaring atau membersihkan darah dari kotoran yang tidak diperlukan tubuh dan membuangnya bersama urine. Kerusakan fungsi ginjal atau gagal ginjal disebabkan beberapa hal antara lain peradangan serius pada organ ginjal, sehingga terjadi kerusakan fungsi ginjal dan peradangan akibat adanya batu ginjal. Penyebab lainnya adalah terjadinya komplikasi dengan penyakit pada organ tubuh lain yang cukup parah dan menahun, misalnya diabetes melitus.

Disebabkan perannya yang sangat komplek bagi tubuh serta fungsinya mengekspresikan sebagian hasil akhir metabolisme dan pengatur konsentrasi sebagian unsur cairan tubuh, gangguan fungsi ginjal dapat berakibat fatal. Karen itu harus segera diobati. Bahkan orang-orang China mengatakan bahwa ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital. Penyembuhan segala macam penyakit haruslah dimulai atau di teliti lebih dulu dari fungsi ginjalnya.

Secara umum, kerusakan fungsi ginjal lebih disebabkan kerja ginjal yang terforsir, tekanan darah yang terlalu tinggi, pola makan yang tidak sehat, serta kurang mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.
Disamping itu, terjadi endapan asam urat yang mengkristal di ginjal, serta adanya endapan kapur yang terdapat dalam teh yang dikonsumsi secara terus menerus dalam kurun waktu yang cukup lama.

Gejala :

1. Muncul rasa sakit disalah satu sisi pinggang sampai ke pangkal paha kiri, yang bisa meluas sampai kedua sisi pinggang.
2. Nyeri pinggang hebat, seperti berdenyut dalam tempo yang lama atau terus menerus.
3. Terasa panas di sekitar pinggang, dan dalam kondisi yang lebih serius akan terasa sangat nyeri jika sedang mengangkat beban.

Pencegahan :

1. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol
2. Terapkan pola makan yang sehat ( yang seimbang, tidak sembarangan )
3. Usahakan kadar gula dan tensi darah selalu normal
4. Minum air putih 8 - 10 gelas per hari
5. Hindari minuman soft drink dengan bahan pengawet dan berwarna
6. Tidak mengangkat beban secara berlebihan

Jus sayuran untuk mengatasi penyakit pada ginjal :

Bahan :

- 1 bh tomat
- 2 jari lobak
- 3 batang asparagus segar
- 3 jari labu kuning
- 2 jari wortel
- 75 ml air putih

Cara Pembuatan :
Bahan-bahan dicuci bersih dan dirajang tipis, kemudian di blender hingga lembut.

Aturan minum :
Diminum pada pagi hari sebelum makan.

Semoga lekas sembuh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar