Rabu, 13 Oktober 2010

Bunga RoSeLLa


Bunga rosella sangat mudah tumbuh dan banyak kita jumpai di daerah Jawa, Sumatera dan Kalimantan.Dalam nama latin disebut Hibiscus sabdariffa var altissima wester.

Bunga rosella mampu menjaga dan memperbaiki metabolisme tubuh, baik pada balita, remaja, dewasa, maupun manula. Dari sekian banyak varietas bunga hibiscus yang tumbuh di Indonesia, baru dua varietas yang sudah diketahui manfaatnya untuk dijadikan minuman, yakni Syriacus (Rose of Sharon) dan Trionum (Flower of an Hour).

Kedua varietas bunga tersebut tumbuh subur dengan berbagai nama sebutan. Di Jawa Barat, trionum dikenal sebagai kembang anggrem, tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Di Medan disebut bunga merah. Kelopak bunga yang berwarna merah mempunyai rasa asam dan sedikit manis lagi segar seperti rasa jambu air.

Bunga rosella atau Hiniscus diolah menjadi teh celup, selai, dan sirop. Bunga ini kaya vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Sayang, tak banyak yang tahu bagaimana mengolahnya menjadi makanan suplemen.

Pola hidup modern tidak selamanya menguntungkan. Dalam tiga dekade terakhir ini ditemukan berbagai jenis penyakit baru. Keadaan demikian menantang farmakolog mencari berbagai jenis obat-obatan dan vaksin untuk mengatasinya. Namun, hanya sebagian kecil yang dapat menikmati keberhasilan karena biaya yang dikeluarkan untuk penelitian sangat besar. Akibatnya, hasil penemuan tersebut dijual dengan harga cukup mahal pula.

Data WHO (badan kesehatan dunia), penduduk Indonesia, terutama kaum wanitanya, kekurangan haemoglobin (butir darah merah) yang mengakibatkan anemia. Untuk mengobati anemia, tubuh perlu asupan zat besi.
Bunga hibiscus mengandung zat besi, vitamin A dan C, kalsium, serta serat. Kalsium tinggi sangat membantu pertumbuhan serta kekuatan tulang dan gigi. Vitamin A dan C serta kalsium berguna untuk kesehatan mata, kulit, dan tulang, sedangkan serat sangat diperlukan untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Manfaat bunga rosella ( dalam bentuk teh atau sirup ) :

- Menurunkan tekanan darah, kolesterol, diabetes, osteoporosis, batuk, panas dalam, ambeien, jantung.
- Mengontrol berat badan, memperbaiki pencernaan dan mencerahkan kulit.
- Sebagai pengganti cairan electrolyte tubuh yang hilang setelah berolah raga, dan sebagai tonikum yang menyegarkan.
- Sangat baik diminum setelah makan makanan yang berlemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar